Pelatihan Redisain Kurikulum, upaya menuju Komunikasi Digital

Progdi Ilmu Komunikasi Terakreditasi "A"

Pelatihan Redisain Kurikulum, upaya menuju Komunikasi Digital

July 27, 2021 Uncategorized 0

Senin (26/07), tengah diadakan Pelatihan Redisain Kurikulum Prodi Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jawa Timur. Kegiatan ini dilaksanakan secara prokes di Hotel Grand Mercure Surabaya City dan akan diberlangsungkan dari hari senin hingga rabu. Acara ini menghadirkan Tenaga Ahli dari Universitas Padjajaran yakni Guru Besar Prof. DR. Deddy Mulyana, M.A. Dengan dihadiri oleh jajaran dekanat beserta seluruh dosen Ilmu Komunikasi. Kegiatan dilaksanakan secara hybrid, dimana Prof. Deddy memberikan pemaparan secara daring dari Bandung dan para dosen Prodi Ilmu Komunikasi mengikuti dari Surabaya.

Dok. Ahmad

Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fisip UPN Veteran Jawa Timur, Dr. Drs. Ec Gendut Sukarno, M.S., CHRA. Dekan Fisip menyatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk rangkaian penyelenggaraan dari Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM). Prodi Ilmu Komunikasi lolos dalam pendanaan PKKM Liga 2 yang di luncurkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Dok. Ahmad

Dalam rangka menuju Kurikulum Komunikasi Digital, prodi Ilmu Komunikasi berupaya memahami kebutuhan penyerapan kerja bagi para alumni nantinya. Seperti Social Media Analyst, Digital Marketing Communication, dan jenis pekerjaan lainnya yang menuntut keterampilan digital lainnya. Dalam penyampaian Dr. Yuli Candrasari, selaku Ketua Prodi Ilmu Komunikasi, bahwa pengadaan kegiatan ini dilandaskan dari hasil tracer study, FGD dengan mitra serta para alumni prodi. Kemudian dimanfestasikan ke dalam rancangan susunan kurikulum yang disesuaikan dengan perkembangan komunikasi saat ini.

Saat ini Prodi Ilmu Komunikasi dibagi menjadi tiga konsentrasi Journalism and Media, Cyber Public Relation dan Digital Marketing Communication. Pelatihan Redisain ini dibagi menjadi tiga bagian, materi dari Tenaga Ahli, Diskusi Kelompok dari masing-masing konsentrasi dan di akhir presentasi hasil akhir dari setiap konsentrasi. Diharapkan melalui Pelatihan Redisain Kurikulum ini sebagai awalan berpijak prodi dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan selanjutnya.

Translate »