Progdi Ilmu Komunikasi UPNV Jawa Timur MoU dengan 4 Perusahaan Mitra Magang

Terakreditasi "A"

Progdi Ilmu Komunikasi UPNV Jawa Timur MoU dengan 4 Perusahaan Mitra Magang

January 25, 2021 akademik 0

Penandatanganan kontrak kerjasama Ilmu Komunikasi FISIP UPN Veteran Jatim dengan para mitra

Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UPN “Veteran” Jawa Timur Senin (25/1) melaksanakan penandatangan MoU terkait program magang dengan sejumlah perusahaan mitra bertempat di Kampus FISIP-2 UPNV Rungkut Madya Surabaya.

“Program Magang ini adalah bagian dari kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang digagas oleh Mendikbud, Nadiem Makariem,” ujar Dekan FISIP UPNV Jatim, Dr. Gendut Soekarno, MSi, CHRA , saat membuka acara.

Gendut mengapresiasi Progdi Ilmu Komunikasi yang proaktif menyusun, menginisiasi, dan mengimplementasikan MBKM sehingga menjadi pilot project bagi Progdi lain di UPNV.

Dekan FISIP UPN Veteran Jatim melakukan tandatangan kontrak dengan perusahaan mitra

 

Sementara itu, Yuli Candrasari, Kordinator Progdi Ilmu Komunikasi menegaskan dalam pemaparannya bahwa magang hanya salah satu pilihan dari beberapa opsi yang dapat dipilih oleh mahasiswa.

“Selain magang, mahasiswa dapat juga memilih pertukaran mahasiswa, wirausaha, riset, proyek di desa, mengajar di daerah, dan proyek independen,” tutur doktor alumnus Unpad ini.

Dekan FISIP UPN Veteran Jatim melakukan tandatangan kontrak dengan perusahaan mitra

Menurutnya, magang dilakukan selama enam bulan atau setara 20 SKS. Syaratnya harus sesuai kompetensi Ilmu Komunikasi, yaitu cyber public relations, media/ jurnalistik, dan advertising (marketing communication).

“Saat ini MoU dilakukan dengan empat mitra. Dan bisa berkembang sesuai kebutuhan dan kesediaan mitra. Keberadaan mitra menjadi penting dalam penyusunan kurikulum, konten mata kuliah dan model pembelajaran,” tambahnya.

Anita, salah satu perusahaan mitra magang menyambut antusias program MBKM. “Kerjasama ini sangat baik sebagai upaya mengatasi kesenjangan antara industri dan pendidikan tinggi,” ujar CEO PT Crea Cipta Cemerlang ini.

Selain PT Crea Cipta Cemerlang, mitra magang lainnya adalah PT Kreasi Cipta Buana, PT Riliv Psikologi Indonesia dan PT Mahaghora. (bar)

Translate »