Analisis Komunikasi Big Data (ASIGTA) Media Sosial, Computational Social Science

Analisis Komunikasi Big Data (ASIGTA) Media Sosial, Computational Social Science

Internet membawa banyak pergeseran dan perubahan pada kehidupan manusia juga bagaimana dalam berkomunikasi. Internet dan teknologi penunjangnya mempermudah manusia dalam melakukan riset. Computational Social Science merevolusi penelitian dengan menganalisis jejak digital yang terdokumentasi melalui kegiatan media sosial. Kegiatan media sosial meninggalkan jejak digital yang terdokumentasi dalam big data. Computational Social Science memungkinkan manusia mengamati dunia digital yang begitu kompleks dan dinamis. Paradigma konvensional Ilmu Sosial tercerahkan dengan Computational Social Science.

 

Analisis Komunikasi Big Data (ASIGTA) Media Sosial (users Calon Walikota Surabaya) membaca elektabilitas calon

Computational Social Science merupakan persinggungan antara Ilmu Komputer, Ilmu Statistik dan Ilmu Komunikasi untuk menjawab persoalan masyarakat. Ilmu Komunikasi menjadi sangat relevan dalam hal ini terlebih Ilmu Komunikasi yang interdisipliner dan multidisipliner mencakup semua, bersifat sangat eklektif (menggabungkan semua bidang). Eklektisme dari llmu Komunikasi sebagai suatu bidang studi membawa hikmah tersendiri dalam analisis Big Data terlebih media sosial.

Big Data media sosial adalah pengetahuan bagi peneliti sosial. Menggambarkan pada peta jaringan mempermudah peneliti dalam melihat aktor yang berperan, relasi dan reaksi masyarakat atas isu tersebut dan bagaimana perkembangannya serta mampu memprediksi.Kehidupan sosial di masyarakat digital yang kompleks menjadi dipermudah sehingga dapat mengurangi ketidakpastian, dapat dijelaskan dan dapat diprediksi.

Analisis Komunikasi Big Data (ASIGTA) Media Sosial Operator 4G LTE Indonesia

Membaca Big Data Media Sosial Operator 4G LTE Indonesia memberikan kita pengetahuan tentang ….. strategi komunikasi (pemasaran) yang mereka sedang kerjakan dan bagaimana respon netizen mereka atau kompetitor …… keluhan atau kepuasan pelanggan mereka atau kompetitor …… jangkauan pesan yang mereka lancarkan atau kompetitor …. salah pilih influencer atau tidak ….. siapa influencer terbaik ……. Brand mentions apasaja yang sedang diperbincangkan …. brand mentions kompetitor bagaimana ….. brand mentions yang paling mantap pada jaringan apa ….. bagaimana hubungan kedepan dengan target audience Band atau kompetitor ……

Time Series

Pada riset ini hanya “menangkap” 10.564 netizen (sesuai kebutuhan) …. bisakah ditingkatkan ….. sangat bisa ….. Teknologi Komunikasi memang luar biasa (Kajian Riset Teknologi Komunikasi) ….. riset dengan responden lebih dari 1.000 byuh berat dan mahal plus ribet hingga dibutuhkan perencanaan yang matang …..

Pada riset ini 10.564 netizen bisa dihubungi kembali karena ketika foto profile itu kita klik akan langsung ke akun yang bersangkutan (kita bisa juga melihatnya di data table) …. bisa via email …. direct message …. whatsapp …. (terkait informasi yang tersajikan) sehingga untuk mengembangkan riset berdasarkan riset sebelumnya sangat memungkinkan dan memudahkan …

contoh sederhana ….. pada Word Pairs …..

Word pairs = mohon maaf …. terhitung ada 2.562 pada keseluruhan jaringan ….. kita dapat mengetahui paling banyak pada operator apa ? terkait persoalan apa ? terkait program apa ? ……

Word pairs = mohon maaf ….. terhitung ada 1.944 pada cluster G1 (nama perusahaan disensor)

Word pairs = terima kasih … terhitung ada 5.844 pada keseluruhan jaringan ….. pada cluster/kelompok G1 terhitung 1.628 … G2 terhitung 3.089 …. dan seterusnya …..

Banyak hal terungkap …. banyak momentum terdeteksi …

Revolusi Komunikasi membawa perkembangan dan penggunaan teknologi media sosial yang mendukung interaksi sosial tanpa batas dan real time terdokumentasi. Media sosial menimbulkan cara baru dalam memenuhi kebutuhan pertemanan, bisnis juga politik. Media sosial merubah cara individu dalam berinteraksi sosial juga berkelompok, bagaimana memproduksi informasi, berbagi informasi juga mengkonsumsi informasi.

About the author: admin