Public Enemy by Social Media …..

Progdi Ilmu Komunikasi Terakreditasi "A"

Public Enemy by Social Media …..

February 12, 2019 akademik laboratorium 0
Inilah yang ditakutkan oleh banyak tokoh di era digital … network society ….
 
Media sosial adalah alat pembebasan dan pemberdayaan …. kebebasan untuk berkomunikasi secara terbuka dan jujur bukanlah sesuatu yang bisa diterima atau harus diterima begitu saja …. media sosial berpotensi untuk mengubah dunia kita secara radikal ….
 
Media sosial merupakan lompatan terpenting dalam sejarah komunikasi … revolusi komunikasi …. bagaimana jaringan terbentuk dengan sangat cepat melintasi berbagai perbedaan semisal budaya yang menghubungkan netizen, ide-ide atau nilai-nilai.
 
Banyak hal terjadi yang bagi awam menjadi momentum yang terlewatkan ….. banyak momentum yang tidak termanfaatkan karena keawaman …..
 
Kita bersama tahu bahwa bagaimana Amerika Serikat memposisikan Timur Tengah …. berapa banyak investasi yang dikeluarkan oleh Amerika Serikat dalam memposisikan Timur Tengah …. Berbagai Film dibuat sehingga penonton diakhir acara bisa berkesimpulan oooowwww ternyata Timur Tengah seperti itu yaaaa …. Banyak hal telah dilakukan untuk memposisikan Timur Tengah seperti yang Amerika Serikat harapkan …. bagaimana nantinya orang melihat Timur Tengah ….
 
2009 adalah suatu masa dimana ribuan orang berkumpul di Teheran untuk memprotes pemilihan presiden ….. untuk pertama kalinya orang-orang muda di Amerika berhubungan dengan orang-orang muda di Iran dan mereka menyadari bahwa mereka memiliki lebih banyak kesamaan …. kesukaan …. ketertarikan ….. daripada apa yang pernah mereka pikirkan selama ini ….. pemerintah Amerika Serikat terhenyak dengan kenyataan bagaimana rakyat Amerika Serikat menjadi tidak tinggal diam dengan hal itu …. bagaimana dukungan rakyat (pemuda/generasi milenial) Amerika Serikat pada Timur Tengah ….. Medan pertempuran yang berbeda …. medan pertempuran menjadi berbeda ….
 
Dunia terhenyak dengan ini sebagai pertanda telah lahirnya komunikasi pribadi global yang benar-benar baru …. benar-benar bebas ….
 
Laboratorium Cyber Communications telah berulang kali melakukan analysis …. dan kita melihat bagaimana kekuatan koneksi manusia secara online membentuk komunitas yang menarik … kekuatan komunitas yang luar biasa …. kecepatan yang luar biasa…. potensi ini bukan untuk ditakuti …. potensi ini untuk dijalani dengan rekomendasi analysis yang tepat

 

Kalau dikelas saya akan berkata “jelas opo blas”

Selamat pagi, selamat beraktifitas, semoga sukses.

Irwan Dwi Arianto, M.I.Kom.
(irwan_dwiarianto.ilkom@upnjatim.ac.id)

Dosen
Teknologi Komunikasi – Jurnalistik Online – Komunikasi Organisasi – Komunikasi Kelompok
Kepala Laboratorium FFI (Cyber Communications)

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
UPN “Veteran” Jawa Timur

Translate »