Selamat Anda kuliah di Ilmu Komunikasi ….Anda dijalan yang benar …. terlebih di era saat ini ….

Miliaran orang menciptakan triliunan koneksi melalui media sosial setiap harinya namun hanya sedikit dari kita yang sadar akan maknanya ..
 
Ilmu Komunikasi dalam penelitiannya mengumpulkan, menganalisis, memvisualisasikan dan menghasilkan wawasan dari koleksi koneksi yang terbentuk dari miliaran pesan, tautan, post, share, kunjungan, like, upload foto, upload video serta berbagai macam kegiatan sosial media lainnya
 
Berbagai media sosial muncul (dengan kelebihan/keistimewaan dan kelemahan masing-masing) sebagai platform yang luas untuk interaksi manusia, ikatan yang tidak kasat mata dalam menghubungan kita satu sama lain para netizen dimana ikatan tersebut dapat terbaca oleh sistem yang dapat dipetakan jaringan sosial tersebut secara rinci dan terukur kemudian dapat divisualisasikan untuk memperjelas ikatan, kaitan, kelompok dan lain sebagainya menghasilkan peta yang dapat memandu perjalanan baru melalui lanskap sosial yang sebelumnya susah untuk dipetakan. Saat ini ilmuwan sosial mengembangkan metode matematika lanjutan untuk menangkap evolusi jaringan sosial.
 
Social Network Analysis adalah penerapan bidang ilmu jaringan yang lebih luas untuk mempelajari hubungan dan koneksi manusia berikut maknanya.
 
Media sosial adalah kolektif kisah sumbangsih individu yang luas, seringkali bermanfaat namun kompleks. Hutan media sosial, desa media sosial, kota media sosial, kampus media sosial dsb merupakan rekaman interaksi besar yang sangat luar biasa.
 
Perusahaan, pemerintah, organisasi, partai politik, negara, kampus dsb dapat memantau program dan layanan mereka, memberikan pujian, menerima keluhan, menanggapi permintaan serta aktivitas sosial media lainnya …. melalui analisis sosial media hal yang kompleks tersebut dapat terpetakan, terukur, tervisualisasi dengan jelas

Irwan Dwi Arianto, M.I.Kom
Teknologi Komunikasi – Komunikasi Organisasi

id.arianto@gmail.com
irwan_dwiarianto.ilkom@upnjatim.ac.id

About the author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.