
Ikomupnjatim – Berawal dari hobi memasak dan minat membuat dessert, Nayyara Ghania, mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur (UPN Jatim), berhasil mengembangkan bisnis cookies bernama Ouvenin.id sejak 2020. Usaha ini lahir dari dapur rumahnya dan tumbuh berkat dukungan keluarga yang memiliki latar belakang wirausaha.
Bagi Nayya, nama Ouvenin bukan sekadar identitas, tetapi juga doa agar usahanya dapat terus berjalan dan berkembang di pasaran. “Nama Ouvenin diambil dari kata oven karena proses pembuatan cookies dilakukan menggunakan oven,” ujarnya.
Sebagai mahasiswi Ilmu Komunikasi, Nayya mengaku ilmu yang diperoleh di bangku kuliah sangat membantunya dalam membangun branding usaha. “Peran mata kuliah Ilmu Komunikasi sangat membantu aku untuk membangun branding usaha di sosial media, mulai dari konten planner, target pasar, strategi marketing, dan inovasi packaging,” jelasnya.
Inovasi rasa dan kemasan menjadi kunci utama Nayya dalam mempertahankan minat konsumen. Ia terus mengikuti tren yang berkembang dan berusaha menciptakan identitas visual yang khas melalui desain kemasan dan varian rasa. “Aku menciptakan identitas visual dengan cara inovasi rasa, packaging, dan tren yang sedang berlangsung agar selalu sesuai keinginan masyarakat,” ungkapnya.
Untuk memperluas jangkauan pasar, Nayya aktif melakukan promosi melalui media sosial dan menjalin kolaborasi dengan berbagai organisasi kampus. Strategi ini terbukti efektif menarik perhatian konsumen baru. “Promosi yang paling efektif adalah kolaborasi dengan organisasi, seperti pemberian voucher dan kerja sama media sosial,” tuturnya.
Pasar utama Ouvenin.id mencakup mahasiswa dan masyarakat umum. Produknya juga sering dipesan sebagai suvenir acara ulang tahun dan pernikahan. “Hingga detik ini, Ouvenin.id sering diajak berkolaborasi dengan organisasi luar dan universitas, baik di Surabaya maupun luar Surabaya,” katanya.
Ke depan, Nayya berencana memperluas kerja sama dengan lebih banyak perusahaan food and beverage. Ia berharap Ouvenin.id semakin dipercaya konsumen dan terus berkembang. “Harapannya, konsumen dapat lebih percaya karena kami akan selalu meningkatkan kualitas produk melalui evaluasi yang ada,” tutupnya. (D)
Penulis : Adrina Andini
Editor : Nabilla Putri Sisilia
Artikel ini merefleksikan poin ke-8 SDGs, yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi




