“TikTok Kalcer” Booth KMB C Jadi Primadona di Commfest 2025

Dokumentasi Pribadi: Booth KMB Kelas C

Ikomupnjatim — Communication Festival (Commfest) 2025, ajang tahunan Program Studi Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Jawa Timur, kembali digelar dengan meriah pada Rabu, 4 Juni 2025. Mengangkat tema besar “The Power Of Brand: Career and Identity”, Commfest 2025 menjadi ruang aktualisasi nyata bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan teori komunikasi ke dalam bentuk yang kreatif dan profesional.

Salah satu sorotan utama dari Commfest adalah Pameran Kajian Media dan Budaya (KMB), yang tahun ini berhasil dijuarai oleh kelas C. Mengangkat tema unik “Tiktok Kalcer”, booth KMB C berhasil menarik perhatian pengunjung, termasuk para dosen dan tamu undangan.

Ahmad Deva, Penanggung Jawab booth KMB C, menjelaskan bahwa “TikTok Kalcer” merupakan pengembangan dari tema TikTok yang diberikan oleh dosen mereka, Agustin Mustika. “Kami ingin mengangkat sesuatu yang dekat dengan kehidupan sehari-hari teman-teman, khususnya mahasiswa Ilmu Komunikasi,” ujar Ahmad.

Booth berukuran 2×2 meter ini menyajikan berbagai elemen interaktif yang menggambarkan budaya digital masa kini, termasuk spot game yang menjadi daya tarik utama. “Game ini bukan hanya pemancing awal, tapi juga mengarahkan pengunjung untuk ikut dalam aktivitas lain di booth kami, sehingga mereka merasa betah dan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan edukatif,” tambah mahasiswa semester 4 itu.

Tim KMB C memulai persiapan booth sejak empat hari sebelum hari H. Dalam persiapannya, Ahmad mengungkapkan tantangan utama yang mereka hadapi adalah segi pembagian waktu, dikarenakan sebagian besar anggota tim juga harus mengikuti perkuliahan yang jadwalnya bertabrakan. Namun, dengan koordinasi yang baik, mereka mampu mengatasi kendala tersebut dan menyajikan booth yang menarik.

Respons pengunjung terhadap booth KMB C pun sangat positif. Tidak hanya mahasiswa, jajaran dosen pun menunjukkan antusiasme yang tinggi. Kehadiran dosen-dosen yang ikut bermain game dan berfoto di booth, menunjukkan bahwa karya mereka tidak hanya menghibur, tetapi juga membangun koneksi yang hangat di antara sivitas akademika. 

“Bapak dan ibu dosen sangat antusias datang ke booth kami. Mereka tidak hanya melihat-lihat, tapi juga ikut bermain game dan berfoto di spot yang kami sediakan,” kata Ahmad. 

Dokumentasi Pribadi: Booth KMB Kelas A

Di samping itu, booth dari kelas-kelas lain juga tak kalah menarik. Setiap kelas berusaha menampilkan konsep yang khas dan orisinal dan memikat pengunjung dengan pendekatan kreatif yang beragam.

Keragaman ini menunjukkan adanya semangat saling mendukung sekaligus persaingan positif antar mahasiswa. Melalui ajang ini, teori komunikasi yang dipelajari di kelas mampu diterjemahkan secara konkret dalam bentuk proyek-proyek yang inspiratif.

Dokumentasi Pribadi: Antusiasme Pengunjung Pameran

Hal tersebut sesuai dengan pernyataan Dian Hutami, salah satu pengajar Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Jawa Timur kepada Tim MPIH pada (3/6). “Ini adalah bukti konkret bahwa teori yang dipelajari di kelas bisa diaktualisasikan secara profesional dan kreatif,” ujarnya.

Penulis : Arini Fitriasmara
Editor: ‘Indanaa Zulfaa