PROFIL LULUSAN
MAGISTER ILMU KOMUNIKASI
Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Jawa Timur yang disusun berdasarkan tiga kebutuhan utama: pasar kerja, pengembangan IPTEK, serta dunia usaha dan industri. Terdapat sembilan profil lulusan yang terbagi dalam tiga kategori utama
- Strategist Komunikasi Digital dan Media Sosial: Profesi ini melibatkan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian strategi komunikasi dalam lingkup digital dan media sosial. Lulusan mampu mengembangkan strategi komunikasi yang terintegrasi untuk berbagai platform digital, mengelola kampanye komunikasi digital yang efektif, dan mengoptimalkan engagement melalui berbagai channel media sosial. Peran ini dapat berada di berbagai industri dan sektor, termasuk swasta, pemerintahan, dan LSM.
- Manajer Pemasaran Digital: Manajer pemasaran digital bertanggung jawab atas pengembangan dan implementasi strategi pemasaran digital yang komprehensif. Lulusan mampu menggunakan data analitik untuk menginformasikan keputusan strategis, merancang kampanye pemasaran digital yang terukur, mengelola budget marketing digital, memimpin tim lintas fungsi, dan mencapai target bisnis melalui platform digital dan e-commerce.
- Jurnalis Digital dan Content Writer: Profesi ini melibatkan produksi konten berkualitas tinggi untuk berbagai platform digital dan media online. Lulusan mampu menulis artikel jurnalistik untuk media digital, mengembangkan konten multimedia yang engaging, mengelola editorial calendar, melakukan riset mendalam untuk investigative reporting, memahami prinsip SEO dan content analytics untuk optimalisasi konten, mengembangkan storytelling digital yang menarik, dan menciptakan narasi informatif yang sesuai dengan karakteristik media sosial dan platform digital kontemporer.
- Akademisi, Pengamat dan Peneliti Media Digital: Profil lulusan ini menjawab kebutuhan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dalam analisis dan penelitian tren serta fenomena media digital dan media sosial di lembaga penelitian, universitas, dan perusahaan riset pasar.
- Data analyst dalam bidang komunikasi dan marketing: Menggunakan analisis data untuk membuat keputusan bisnis yang berinformasi dalam strategi komunikasi dan pemasaran. Lulusan mampu mengolah big data untuk memahami perilaku konsumen digital, melakukan analisis sentimen media sosial, mengukur efektivitas kampanye digital, memprediksi trend komunikasi, dan menyajikan insights yang actionable untuk optimalisasi strategi komunikasi dan pemasaran berbasis data.
- Konsultan Branding Digital dan Public Relations: Profesi ini memerlukan keahlian dalam merancang dan mengimplementasikan strategi branding serta PR di platform digital dan media sosial. Lulusan mampu mengembangkan identitas brand digital yang kuat, merancang storytelling yang menarik, mengelola reputasi online dan manajemen krisis digital, mengembangkan strategi PR digital yang efektif, serta menciptakan pengalaman brand yang konsisten di berbagai touchpoint digital. Dapat bekerja di agency, perusahaan, atau sebagai konsultan independen.
- Entrepreneur Digital: Lulusan dengan semangat kewirausahaan dapat memanfaatkan keahlian digital marketing dan komunikasi untuk mendirikan dan mengelola start-up atau bisnis sendiri di bidang teknologi komunikasi, media digital, atau layanan komunikasi digital. Mampu mengidentifikasi peluang bisnis di era digital, mengembangkan model bisnis yang inovatif, membangun strategi go-to-market, mengelola tim dan investor, serta membangun ekosistem bisnis yang berkelanjutan dengan fokus pada solusi komunikasi digital.
