About The Event

Komunikasi adalah sisi lain dari representasi pengetahuan. Simbol, bahasa, media, dan teknologi memediasi semua yang kita ketahui tentang dunia (living world). Secara objektif, proses kognitif kita dan artefak-artefak di sekeliling kita bukanlah cerminan dari persepsi kita terhadap realitas dunia. Justru persepsi merupakan sebuah wujud negosiasi antara realitas, bahasa, tubuh, pikiran dan hubungan sosial manusia.

Itulah sebabnya mengapa komunikasi merupakan elemen esensial dalam semua aspek kehidupan manusia (secara sosial dan secara perilaku). Hubungan antara teknologi dan manusia sering dikaitkan betapa determinannya teknologi pada kehidupan manusia. Manusia berada posisi beradaptasi dan teknologi mengubah tatanan relasi sosial manusia. Namun, pandemi COVID-19 menghancurkan berbagai sendi kehidupan. Termasuk pada ketergantungan manusia pada teknologi. Teknologi pada saat ini yang beradaptasi pada kondisi sosial manusia. Pembatasan jarak sosial dan berbagai bentuk perjumpaan manusia secara tatap muka langsung baik pribadi maupun massal berpengaruh pada teknologi.

Berbagai temuan teknologi bermunculan, bentuk-bentuk komunikasi antara manusia menjadi berubah. Dalam seminar nasional inilah, kita akan mengeksplorasi proses kognitif, emosional, dan sosial yang melibatkan manusia, media dan teknologi. Kita berusaha mencari gambaran tentang masa depan komunikasi dan berbagai perubahan budaya yang sedang dan akan terjadi.

MENTIONAGE 2020 ini merupakan web-seminar nasional dengan tema ‘Media, Masa Depan Komunikasi dan Perubahan Budaya 2020’. Mentionage 2020 akan diselenggarakan pertama kali oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. Web-seminar nasional Mentionage 2020 akan mengundang para mahasiswa S1-S2, serta dosen dan praktisi yang memiliki minat pada bidang kajian ilmu komunikasi pada khususnya dan bidang ilmu sosial lainnya, untuk berperan aktif sebagai partisipan atau pemakalah yang menyajikan makalah ilmiahnya dalam diskusi panel. Para pemakalah dan partisipan diharapkan dapat saling bertukar ilmu pengetahuan dan berbagi temuan-temuan terbaru dari hasil penelitian tentang media, masa depan komunikasi dan perubahan budaya. Makalah terpilih berdasarkan tahapan penyajian, dan disarankan mengirimkan ke jurnal-jurnal yang bekerjasama dengan Webminar ini.

MENTIONAGE 2020 dirancang untuk mengembangkan dan memperkaya perspektif riset para peserta dan pemakalah, sekaligus meningkatkan peluang hadapi tantangan masa depan. Untuk itulah penting kiranya menghadirkan Narasumber berbeda yang menguasai media dan komunikasi untuk mengantarkan pada telaah komunikasi kontemporer untuk memprediksi perubahan-perubahan budaya di masa depan, dari perspektif teoritis-akademik dan dari perspektif praktis-industri.

Seminar ini akan dilangsungkan secara virtual, sehingga memberikan pengalaman konvergensi yang unik, mengandalkan jaringan, pembelajaran temu ilmiah, keynote speech yang dapat memberi inspirasi, diskusi panel, dialog antar bidang ilmu, dialog praktisi-industri dengan teoritisi-akademi, dan peluang publikasi. Panitia webminar menjadikan kegiatan ini sebagai inisiasi bagi tumbuhnya peneliti-peneliti muda dari UPN Veteran Jawa Timur dan kampus-kampus lain se-Indonesia.