Optimalisasi Media Sosial Guna Memperkenalkan Eduwisata Kopi

UPN "Veteran" Jawa Timur

Optimalisasi Media Sosial Guna Memperkenalkan Eduwisata Kopi

January 10, 2023 MBKM 0

Di era digital seperti saat ini, keberadaan media sosial tentunya tidak asing di kalangan masyarakat luas. Tidak hanya sebagai penyalur informasi, media sosial juga dapat digunakan untuk memasarkan suatu produk kepada calon konsumen. Hal tersebut lantas menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan eduwisata, salah satunya eduwisata kopi yang berada di Bondowoso.

Eduwisata kopi yang berada di Bondowoso tepatnya di Desa Sukorejo, Kecamatan Sumberwringin berfokus kepada pengelolaan kopi dari biji kopi hingga menjadi suatu produk yang siap dikonsumsi. Dalam proses pengelolaannya, eduwisata ini melibatkan beberapa pihak seperti petani kopi hingga pelaku UMKM sekitar. Yang membedakan eduwisata ini dengan tempat pengelolaan kopi yang lainnya, yaitu adanya jenis biji kopi yang khas dari daerah tersebut. Selain pengelolaan kopi, terdapat kebun kopi yang luas sehingga wisatawan dapat berkunjung dan menikmati wisata edukasi yang telah tersedia.

Sayangnya, banyak yang belum mengetahui keberadaan eduwisata tersebut. Hal ini yang membuat kurangnya wisatawan yang berkunjung. Lantas, dibuatlah media sosial guna memperkenalkan eduwisata kopi ini kepada masyarakat luas. Media sosial yang digunakan adalah Instagram dan Youtube. Instagram digunakan karena dapat melihat jumlah audiens yang dijangkau dari konten yang diunggah. Sedangkan Youtube digunakan karena media tersebut dapat mengunggah video berdurasi panjang.

Dalam hal promosi eduwisata kopi Bondowoso, terdapat tiga akun UMKM kopi yang dikelola untuk mempromosikan produk hasil olahan kopi dan potensi alam di Bondowoso. Akun-akun yang dimaksud adalah Kampung Kopi Kluncing (@kampungkopi_kluncing), Rumah Delians Karya (@delianskarya), dan Kopi Lereng Tengger Ijen (@kopilerengtenggerijen). Tujuan pengelolaan akun Instagram ini adalah meningkatkan awareness dari audiens terkait adanya produk kopi dan potensi wisata di daerah penghasil kopi terbaik di Bondowoso, yaitu Desa Sukorejo. Sehingga semakin banyak pengunjung yang datang ke Bondowoso, khususnya Desa Sukorejo, dan ingin mengetahui tentang bagaimana kopi terbaik di Indonesia ini diolah menjadi kopi dengan cita rasa yang khas. Selain itu, pengunjung pun bisa mendatangi serta menikmati wisata alam yang ada di desa tersebut, seperti salah satunya adalah Air Terjun Pulo Agung.

Pengelolaan akun Instagram ini berfokus pada pembuatan konten infografis terkait kopi Bondowoso, karena seperti yang telah disebutkan bahwa tujuan dari pengelolaan akun Instagram ini adalah menimbulkan awareness atau kesadaran pada audiens. Salah satunya adalah konten pada akun Instagram Kampung Kopi Kluncing dengan topik infografis fasilitas yang tersedia di sekitar Kampung Kopi Kluncing. Konten ini disajikan dengan desain yang sederhana, simpel, rapi, serta dipadukan dengan penggunaan bahasa yang santai sehingga lebih mudah diterima oleh audiens. Dengan dibuatnya konten ini, diharapkan timbulnya pemikiran pada audiens bahwa Kampung Kopi Kluncing menjadi salah satu tempat yang harus dikunjungi karena terdapat sarana dan fasilitas yang dapat digunakan pengunjung untuk menikmati waktu bersantai mereka bersama keluarga maupun kerabat.

Sumber gambar : @kampungkopi_kluncing

Sumber gambar : @kampungkopi_kluncing

Hal ini berhubungan pula dengan pemilihan sosial media yang akan digunakan untuk membranding eduwisata Kopi Bondowoso. Bagi banyak orang, media sosial Youtube sudah tidak asing lagi, media sosial ini sudah sangat terkenal hingga mancanegara. Bahkan semua kalangan bisa menggunakannya, hal ini membuat alur perputaran promosi dipercaya dapat bergerak dengan cepat dan sesuai dengan target yang dituju. Hal inilah yang mendasari pemasaran eduwisata Kopi Bondowoso dilakukan melalui Youtube. Pada dasarnya Youtube merupakan salah satu media sosial yang bersifat audio visual atau video gambar bergerak yang disertai dengan suara.

Maka dari itu, pemasaran dilakukan dengan menggunakan teknik pembuatan Company Profile yang memuat tentang Kopi Bondowoso mulai dari informasi dasar hingga informasi yang lebih lanjut. Di dalam Company Profile ini memuat banyak sekali informasi mengenai Kabupaten Bondowoso, mulai dari kondisi alam Kabupaten Bondowoso, lalu kekayaan alam

Bondowoso yang meliputi banyak sekali wisata alam di dalamnya, hingga sampai mengenai Kopi Bondowoso. Tidak lupa pula, dalam video Company Profile ini juga disajikan beberapa teknik penyeduhan kopi yang direkomendasikan dari para pelaku UMKM kopi khususnya para penikmat Kopi Bondowoso.

Dengan adanya video pemasaran Kopi Bondowoso yang diunggah dalam media sosial khususnya Youtube ini, diharapkan dapat menarik perhatian lebih dari masyarakat Indonesia bahkan sampai luar Indonesia. Tentunya hal ini akan membawa keuntungan dan juga peningkatan perekonomian wilayah setempat khususnya Kabupaten Bondowoso.

Kelompok 3 Bina Desa – Tim Kopi

Translate »