Selesai Partisipatori Need Assesment, PKKM Bina Desa Masuki Tahap Implementasi

UPN "Veteran" Jawa Timur

Selesai Partisipatori Need Assesment, PKKM Bina Desa Masuki Tahap Implementasi

October 23, 2022 PKKM 2022 0

Berangkat dari hasil evaluasi kegiatan Bina Desa 2021 yang merupakan bentuk  kegiatan MBKM Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T), Progdi Ilmu Komunikasi pada tahun 2022 ini mendesain ulang program Bina Desa melalui FGD yang sudah dilaksanakna pada bulan Agustus 2022.  Program KKNT Progdi Ilmu Komunikasi dilakukan dengan penambahan beberapa aktivitas dan modul pembelajaran.  Pelaksanaan program KKN-T tahun ini mengambil tema “Bina Desa Berbasis Industri Kreatif” yang pelaksanaannya  menggandeng mitra Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Bondowoso. 

              Program Bina desa ini  diawali  dengan sosialisasi  dan membuka kesempatan bagi mahasiswa  semester 5 dan 7 yang berminat mengikuti program.  Peminat Program Bina Desa tahun 2022 sedikit berkurang dibandingkan tahun 2021 karena mahasiswa semester 7 sudah hampir semua mengikuti program MBKM 20 SKS.

              Program Bina Desa KKN-T mengambil lokasi di Kampung Kopi Klunching, Sukorejo, Kecamatan Sumberwringin, Bondowoso dan Desa Tamanan, Kecamatan Tamanan, Bondowoso. Peserta berjumlah 29 mahasiswa yang akan dibimbing oleh 6 orang Dosen Pembimbing Lapangan.

              “Sebelum terjun ke lokasi, peserta diberikan pembekalan terdiri dari materi tentang : komunikasi pembangunan dan perubahan masyarakat desa, konsep dan metode Partisipatori Need Assesment, komunikasi pariwsata, sosialisasi pemberdayaan masyarakat, branding, promotion, dan manajemen konten digital,” kata Koorprogdi Ilmu Komunikasi, Yuli Candrasari.

              Saat ini para mahasiswa sedang mempersiapkani program-program yang telah dirancang sesuai hasil need assesment  untuk kemudian melakukan implementasi [YC]

Translate »