Progdi Ilmu Komunikasi FISIP UPNVJT Siapkan Program Baru PKKM 2022

Progdi Ilmu Komunikasi FISIP UPNVJT Siapkan Program Baru PKKM 2022

Sunday, 23 October 2022 PKKM 2022 0

              Setelah memiliki  tiga program MBKM pada tahun 2021 yaitu  Kewirausahaan, Magang Kemitraan dan  Bina Desa, pada Program PKKM tahun 2022 ini Progdi Ilmu Komunikasi FISIP UPNVJT mempersiapkan  program MBKM baru yaitu Riset Independen dan Virtual Public Lecturer (VPL).  Dua program baru tersebut  didesain sesuai dengan kompetensi keilmuan Progdi Ilmu Komunikasi yang berbasis Komunikasi Digital.

              Dalam pelaksanaannya peyusunan  dua program tersebut, dilakukan melalui  Focus Group Discussion (FGD) pada tanggal  17-19 Agustus bertempat di Hotel Artotel Surabaya.  Turut hadir dalam FGD tersebut Dekan FISIP  DR. Gendut Sukarno yang dalam sambutannya memberikan apresiasi pada Progdi Ilmu komunikasi yang terus berupaya menciptakan  program-program MBKM yang sesuai  dengan karakter keilmuannya.

              “Model pembelajaran di Ilmu Komunikasi  tidak hanya di dalam kelas  tetapi sudah berbasis problem-based  atau  project-based learning,” ujar Gendut.

              Kegiatan FGD  tidak hanya  diikuti oleh  seluruh dosen Ilmu Komunikasi tetapi juga mengundang mitra-mitra  yang  akan terlibat dalam kegiatan Riset Independen dan VPL..  Dalam kesempatan tersebut juga  dilakukan penandatanganan  kerja sama antara FISIP UPNVJT  dengan  lembaga riset  REDI  (Regional Economic Development Institute) Surabaya.

              Penyusunan Pedoman Riset Independen  dan VPL  dilakukan melalui  diskusi tentang bentuk kegiatan,  bentuk rekognisi, penyusunan kelompok mata kuliah sampai dengan  persyaratan peserta  dan output  dari  kegiatan Riset Independen dan VPL.  Program VPL ini  dipersiapkan  sebagai  bentuk program MBKM yang berbasis kuliah  dan sekaligus sebagai embrio dari  Kelas Internasional Progdi Ilmu komunikasi FISIP UPNVJT.

              Akhir dari kegiatan  ini  melahirkan dua pedomn MBKM  yaitu Pedoman Riset Independen Progdi Ilmu Komunikasi  serta pedoman  Virtual Public Lecturer [YC]