Tentang Progdi Ilmu Komunikasi

Terakreditasi "A"

SEJARAH

Program Studi Ilmu Komunikasi berdiri pada 27 April 1994 dengan SK Pendirian Program Studi Nomor. Kep/09/IV/1994. Pada tahun 1994 Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur berada dalam naungan Departemen Pertahanan dan Keamanan dengan status Negeri Kedinasan. Jurusan Ilmu Komunikasi pada saat itu berada didalam Fakultas Ilmu Administrasi yang kemudian berubah menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sejak tanggal 6 Mei 2005.

Jurusan Ilmu Komunikasi seiring dengan perkembangan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur dengan dinamikanya berubah menjadi Perguruan Tinggi Swasta pada tahun 1995 dibawah Yayasan Kejuangan Panglima Besar Sudirman dan secara fungsional dibawah pembinaan Departemen Pertahanan dan Keamanan RI. Pada tanggal 6 Oktober 2014 dengan Peraturan Presiden No. 122 tahun 2014, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono menandatangani pengesahan UPN “Veteran” Jawa Timur menjadi Perguruan Tinggi Negeri dibawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi .

Sumber Daya Manusia kami adalah staf pengajar yang memiliki kualifikasi pendidikan Ilmu Komunikasi berpendidikan Doktor dan Master lulusan universitas bonafide baik dari dalam maupun luar negeri. Staf Kependidikan dan Laboran handal yang selalu mensupport serta dibantu oleh para praktisi di bidang Ilmu Komunikasi yang telah sangat berpengalaman. Dosen Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Jawa Timur juga dipercaya oleh lembaga terkait sebagai Asesor Perguruan Tinggi, Komisi Penyiaran, Konsultan Komunikasi menggambarkan tingkat kompetensi yang handal dibidang Ilmu Komunikasi.

Alhamdulillah Program Studi Ilmu Komunikasi selalu memperoleh nilai Akreditasi A oleh BAN-PT. Lulusan Ilmu Komunikasi sudah tersebar luas di berbagai bidang pekerjaan baik di dalam maupun luar negeri, baik pemerintahan ataupun swasta. Banyak terdapat lulusan yang bekerja di industri media massa baik Surat Kabar/Majalah, Radio, Televisi, Humas, Event Organizer serta berbagai bidang kerja komunikasi lainnya. Banyak pula lulusan yang dipercaya diluar bidang komunikasi namun sedikit banyak masih berkaitan mengingat Ilmu Komunikasi yang Multi Disipliner.

Jurusan Ilmu Komunikasi tergabung dalam berbagai asosiasi komunikasi semisal ISKI (Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia), ASPIKOM (Asosiasi Perguruan Tinggi Komunikasi) baik sebagai Dewan Pakar maupun Kepengurusan.

Translate »