DESKRIPSI MATA KULIAH PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI

 

1. Kewarganegaraan

Mata ajaran Kewarganegaraan ini akan membahas masalah-masalah wawasan ketahanan nasional bangsa Indonesia dalam rangka usaha mewujudkan cita-cita nasional. Pembahasan dilakukan dua cara pendekatan yang telah diserasikan, ialah pendekatan kesejahteraan dan pendekatan keamanan. Dalam mata ajaran ini akan pula menuntut para mahasiswa ke arah pemahaman politik strategi nasional Indonesia yang di dalam pengamanannya tidak dapat dipisahkan dari fungsi politik strategi Pertahanan Nasional sebagaimana telah dijabarkan dalam satu sistem komprehensif yang disebut sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta.

 

2. Agama Islam

Mata ajaran ini akan diawali dengan pemahaman tentang pengertian Agama Islam secara utuh dan menyeluruh. Selain keimanan akan dibahas pula ikhwal ibadah yaitu kaidah yang menyangkut hubungan antara manusia dengan Tuhan/khaliknya, antara manusia dengan sesamanya, dan antara manusia dengan makhluk lain dan alam. Selain diarahkan keterbinanya kesadaran untuk melaksanakan kewajiban kepada Tuhan Yang Maha Esa, pembahasannya juga tertuju ke arah kewajiban-kewajiban manusia kepada diri sendiri, masyarakat, bangsa, dan negaranya. Berkaitan dengan materi di atas, ditekankan pula pembahasan sifat umum ajaran Islam tentang keserasian dan keseimbangan antara pola hidup dan ukhrowi.

 

3. Agama Khatolik

Mata ajaran yang menjadi bagian program MKDU ini mengupayakan peningkatan pemahaman mahasiswa akan konsep beriman dalam gereja, penghayatannya tentang misteri gereja, penggumulannya pada tugas dan kewajiban gereja. Dalam mata ajaran ini tidak hanya paham gereja tentang struktur kepribadian manusia saja yang akan diungkap, akan tetapi juga pahamnya tentang masyarakat adil dan makmur akan ikut dipaparkan dan dibahas.

 

4. Agama Kristen

Mata ajaran yang menjadi bagian MKDU dimaksudkan untuk membantu mahasiswa agar dapat bertumbuh dan membentuk diri pribadi seutuhnya sebagai ciptaan baru dalam Yesus Kristus. Akan dikaji dan dibicarakan dalam mata ajaran ini antara lain: dasar-dasar Agama Kristen, pengertian tentang dunia dan manusia, dasar dan akibat, rencana keselamatan dan penggenapannya, iman dan pengabdian serta tanggung jawab dalam dunia modern.

 

5. Agama Hindu

Masa ajaran yang termasuk dalam program MKDU ini akan mengajak para mahasiswa untuk memperdalam dan penghayalan keagamaan yang mantap, serta mempertebal keimanan dan mengandalkan kebaktian kepada Sang Wasa/Tuhan YME. Mata ajaran ini para mahasiswa diharapkan akan menguasai pengertian mengenai sumber dan ruang lingkup Agama Hindu takwa berorientasi pada asas spiritual namun pragmatik.

 

6. Agama Budha

Pemahaman dan penghayatan serta pengamalan Pancasila khususnya sila Ketuhanan Yang Maha Esa. Dharma dan kebaktian untuk mempertebal iman (Soddha) dalam menjaga kelangsungan hidup beragama, bangsa dan negara yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

 

7. Ilmu Kealaman Dasar

Mata kuliah ini membahas prinsip-prinsip IPA umum, cara bagaimana terjadinya fenomena alam,mengumpulkan informasi kejadian Dengan mempelajari Ilmu Budaya Dasar ini diharapkan para mahasiswa dapat menemukan berbagai sikap, nilai harga diri dan sifat kemanusiaan yang sangat bermanfaat untuk alam untuk dianalisa, dan disimpulkan, perkembangan alam IKiran manusia.

 

8. Pancasila

melalui mata pelajaran ini para mahasiswa diharapkan akan dapat memahami substansi falsafah Pancasila berikut perkembangannya menjadi ideologi yang memenuhi syarat sebagai kaidah fundamental negara. Pembahasan-pembahasan yang dikembangkan dalam mata pelajaran ini meliputi pengertian Pancasila, UUD 1945 Kedudukan dan Fungsi Pancasila, Pancasila sebagai sistem, filsafat, dan ideologi Pancasila.

 

9.Bahasa Inggris I

Setelah mempelajari mata ajaran ini diharapkan mahasiswa bisa membaca literatur dalam bahasa Inggris. Materi yang akan disajikan reading, comprehension, vocabulary exercise, structure exercise translation, organizing ideas, dengan penekanan pada kemampuan membaca literatur dalam bahasa Inggris.

 

10.Bahasa Indonesia

Mata ajaran Bahasa Indonesia mengajak mahasiswa membahas bersama masalah-masalah yang berhubungan dengan keterampilan menggunakan bahasa Indonesia. Mahasiswa setelah selesai mengikuti mata pelajaran ini akan mampu membaca, mendengarkan, menulis dan berbicara dengan penalaran yang benar serta didukung dengan penggunaan ejaan dan kalimat baku. Dengan kemampuan seperti itu para mahasiswa diharapkan akan mengatasi kesulitan-kesulitan yang umum ditemui dalam pembuatan karya-karya ilmiah yang disyaratkan agar menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

 

11. ISBD 

Melalui mata pelajaran ini para mahasiswa diharapkan akan dapat memperoleh gambaran yang jelas tentang berbagai konsep sosiologik seperti kehidupan bermasyarakat, norma atau kaidah sosial, sanksi dan proses sosialisasi, pengelompokan sosial dan bentuk struktural yang dijadikannya, stratifikasi sosial yang melahirkan status, pembagian peranan sosial, proses interaksi sosial, dan perubahan sosial (berikut persoalan sebab serta akibat). Mata ajaran ini akan mengedepankan persoalan budaya dasar, kehidupan masyarakat manusia. Budaya yang memiliki dimensi ideal normatif, seta terungkap dalam bentuk simbol-simbol, akan dibahas bertalian dengan asalnya, pemeliharaan seta kelestariannya proses perubahannya, dan fungsinya yang hakiki sebagai sarana pelestari kehidupan manusia. Dalam manifestasinya sebagai pola perilaku, budaya,  akan dibahas dan dikedepankan dalam kontek-kontek kehidupan kekeluargaan dan kekerabatan, stratifikasi sosial, kehidupan politik dan ekonomi, serta dalam kontek kehidupan seni, religi dan magis.

 

12. Pengantar Ilmu Politik

Dalam mata ajaran ini para mahasiswa diharapkan akan mampu memahami konsep-konsep dasar ilmu politik. Untuk mencapai tujuan para mahasiswa akan diajak mempelajari konsep-konsep berikut ini: politik, pemerintahan, kekuasaan, sistem politik (demokrasi, totaliter, autokrasi) dan sistem ekonomi (kapitalisme dan sosialisme) serta struktur dan peranan politik.

 

13. Pengantar Statistik Sosial

Mata ajaran ini memberikan dasar-dasar pengetahuan statistik kepada para mahasiswa, dimulai dari deskriptif dengan tujuan mengantar mahasiswa ke arah kemampuan menyusun data. Akan dipelajari beberapa pengetahuan dasar tentang statistika dan pengertian-pengertian dasar yang terpakai di dalamnya (induksi, generalisasi, populasi, sampel, obyektifitas). Kemudian disajikan hal matrik data dan variasi (yang kontinu dan yang diskrit), dan proses pengukuran berikut skala-skala yang dihasilkan (yang nominal, ordinal, interval, dan rasio).

 

14 Metode Penelitian Sosial

Melalui mata pelajaran ini para mahasiswa diharapkan akan dapat memperoleh bakal pengetahuan metodologi yang memadai dalam bidang penelitian sosial yang empirik. Akan mempelajari pengertian-pengertian penelitian dan dasar-dasar metodologinya, model-model, (yang dikembangkan menurut tujuan dan kegunaannya), persiapan design pengujiannya, penarikan sampelnya, pemilihan teknik koleksi datanya dan pembuatan instrumen untuk observasi dan pengukuran, pengenalan lapangan dan berbagai permasalahan yang dikemukakan di situ, dan akhirnya juga hal pemilihan, teknik pengolahan data serta metode untuk menganalisa data.

 

15. Dasar-Dasar Manajemen

Manajemen pada dasarnya adalah proses perencanaan pengorganisasian (termasuk penataan personil), pengarahan dan pengendalian usaha manusia yang tengah mendayagunakan sarana dan prasarana, demikian rupa sehingga tujuan organisasi itu dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Mata ajaran ini dimaksudkan untuk mengkaji dari berbagai sudut pandang pengetahuan dan pengertian dasar mengenai kegiatan-kegiatan manajemen itu, mulai dari fungsinya yang pra pelaksana (perencanaan) sampai ke fungsinya yang pra pelaksanaan (kontrol).

 

16. Bahasa Inggris II

Mata ajaran ini merupakan kelanjutan dan bermaksud mendalami apa yang telah diperoleh pada mata ajaran Bahasa Inggris I. Mata ajaran ini dimaksudkan untuk membantu para mahasiswa lebih lanjut agar lebih menguasai kemampuan membaca bahan-bahan kepustakaan ilmiah di bidang ilmu-ilmu sosial (sesuai dengan kekhususan menurut program studinya) yang tertulis di dalam Bahasa Inggris.

 

17. Kepemimpinan

Dalam mata ajaran ini para mahasiswa akan mempelajari berbagai  pengertian tentang kepemimpinan, berikut peranannya dalam setiap usaha penetapan dan pencapaian tujuan. ToIK-toIK yang dipandang menarik antara lain akan meliputi ikhwal kepemimpinan dalam politik dan setiap usaha terorganisasi lainnya, fungsi dan peranannya, bentuk dan gavanya, hubungan kepemimpinan dan kekuasaan, pengaruh situasi terhadap kepemimpinan.

 

18. Kuliah Kerja Nyata

Mata ajaran ini merupakan suatu praktek di lapangan dan diintegrasikan ke dalam kegiatan-kegiatan darma ketiga perguruan tinggi ialah darma pengabdian. Melalui mata ajaran ini pula mahasiswa akan belajar bekerja dan berkarya secara mandiri (secara individual ataupun dalam kelompok) dalam kerangka pemikiran interdisiplin untuk pengembangan aspek kognis, afeksi, dan psikomor dirinya sebelum meninggalkan kampus sebagai seorang sarjana.

 

19. Perilaku Konsumen

Pengetahuan tentang perilaku konsumen sangat penting dalam menjalankan bisnis, sehingga melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan akan dapat mengetahui kecenderungan yang ada dalam pasar suatu produk, memprediksi perilaku konsumen maupun melakukan segmentasi pasar sasaran berdasarkan perilaku konsumen. Dalam mata kuliah ini dibahas tentang model perilaku konsumen, faktor utama yang mempengaruhi perilaku pembelian, seta proses keputusan pembelian.

 

20. Pengantar Ilmu Komunikasi

Membahas pengertian konsep-konsep dasar dan proses komunikasi di dalam kehidupan manusia, serta ruang lingkup dan perkembangan pokok ilmu komunikasi sebagai gambaran awal mengenai ruang lingkup pengkajian dan penerapannya. Juga membahas konsep komunikasi, penerimaan dan penyampaian pesan komunikasi interpersonal sampai dengan komunikasi massa.

 

21. Dasar-Dasar Humas

Membahas pengertian, konsep-konsep dasar, fungsi, ruang lingkup, perencanaan, dan proses kegiatan humas dalam upaya menciptakan citra positif dan hubungan baik suatu organisasi dengan publik sasaran baik eksternal maupun internal.

 

22.Teori Komunikasi

Membahas model-model, teori-teori dan pendekatan-pendekatan dalam ilmu komunikasi sebagai ilmu pengetahuan sosial yang bersifat multidisipliner. Mata kuliah ini bertujuan memahami perkembangan teori komunikasi dasar, jenis-jenis teori-teori komunikasi, model-model dan berbagai penelitian di bidang ilmu komunikasi

 

23. Etika dan Filsafat Komunikasi

Mata kuliah ini membahas beberapa sudut pandang dalam menelaah fenomena komunikasi yang mencakup aspek-aspek etika, logika, epistemology, ontologism, aksiologis, serta telah konstruksi prepatik lambing, statement, peristiwa, dan citra komunikasi.

 

24. Komunikasi Antarbudaya

Membicarakan kaitan antara komunikasi dan kebudayaan, signifikansi studi komunikasi dan budaya dalam konteks situasi di Indonesia serta faktor-faktor kebudayaan yang mendasari dan mempengaruhi proses komunikasi.

 

25. Psikologi Komunikasi

Mata kuliah ini menguraikan tentang karakteristik manusia dilihat dari aspek psikologis dalam konteks komunikan, sistem dan proses komunikasi intrapersonal, psikologi komunikasi interpersonal, kelompok dan massa, psikologi komunikator, psikologi pesan.

 

26. Sosiologi Komunikasi

Mata kuliah ini bertujuan untuk mempelajari fenomena komunikasi massa secara sosiologis. Ini berarti mencoba untuk melihat fenomena tersebut secara menyeluruh dari sisi yang kritis. Termasuk memahami teori-teori media massa dan masyarakat serta penerapannya dalam menganalisa fenomena media massa akan dijelaskan secara lengkap dan detail.

 

27.Teknologi Komunikasi

Membalas garis besar perkembangan teknologi komunikasi, bentuk-bentuk teknologi komunikasi, dan karakteristik masing-masing, manfaat serta implementasinya dan implikasi terhadap kehidupan sosial, ekonomi, budaya dan politik.

 

28. Dasar-Dasar Jurnalistik

Mata kuliah ini membahas pengertian Jurnalistik, pengertian pers, masalah pokok dalam pers dan jurnalistik. Berita, pengertian berita, medium komunikasi sebagai media kegiatan jurnalistik, perbedaan karakteristik tulisan media massa (cetak dan elektronik).

 

29. Komunikasi Antarpribadi

Membicarakan pengertian komunikasi antarpribadi yang meliputi definisi intensional, transaksional, prosesual, dan simbolik; analisis prediksi hubungan; perbedaan antara KAP dan non-KAP, fungsi KAP, pola dan strategi kendali komunikasi, penanganan konflik dalam KAP, strategi dan ekskalasi hubungan. Selain itu, kuliah ini juga membahas karakteristik komunikasi interpersonal, teori-teori komunikasi antarpribadi, model-model komunikasi antarpribadi, komunikasi non verbal dan efektivitas komunikasi antarpribadi.

 

30. Jurnalistik Media Massa

Mata kuliah ini membahas dasar-dasar teoritis dan praktis jurnalistik media cetak dan elektronik, pengertian dan macam-macam berita, teknik-teknik berita, teknik-teknik wawancara, Bahasa Indonesia jurnalistik dan kode etik jurnalistik.

 

31. Komunikasi Pemasaran Terpadu

Memberikan pemahaman tentang konsep pendekatan secara menyeluruh dalam pengelolaan program komunikasi dan pemasaran, serta pemanfaatan berbagai fungsi dan peranan strategi komunikasi untuk menciptakan ramuan program promosi yang komprehensif, optimal, efektif dan efisien.

 

32. Komunikasi Politik

Pengajaran mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai pengertian dan model komunikasi politik; komunikator politik, perkembangan dan pemikiran komunikasi politik; bahasa politik, semiotic, dan pragmatic; identifikasi dan karakteristik persuasive politik; opini politik, sosialisasi dan partisipasi.

 

33. CSR & Community Development.

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan media bagi setiap organisasi untuk berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjuta. Selain itu juga CSR merupakan investasi yang berarti bagi setiap perusahaan.  Mata Kuliah ini membahas mengenai konsep dasar, teori, aplikasi dan dampak CSR yang dilaksanakan oleh organisasi/ perusahaan di masyarakat dan juga membahas pengembangan komunitas melalui program community development.

 

34. Etika Profesi Komunikasi

Mempelajari teori dan falsafah landasan etika dan profesi komunikasi sebagai suatu tinjauan aksiologi komunikasi. Kode Etik PR, jurnalistik, periklanan dan organisasi profesinya; citra diri; konsep diri; dan pengenalan diri; pengertian dan luas lingkup serta tujuan profesi, etika dan kepribadian, pengembangan dalam profesi; pengelolaan waktu, protokoler sebagai wahan profesi, dan etika dalam wawancara.

 

35. Komunikasi Massa

Mata kuliah ini mempelajari kronologi perkembangan media massa, perkembangan bentuk komunikasi massa, perbedaan sistem media massa tiap negara, dan regulasi serta etika berkomunikasi dengan audiens yang luas dan heterogen.

 

36. Fotografi

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan mahasiswa tentang teknik-teknik-teknik fotografi dan menjadikan foto sebagai media untuk menyampaikan pesan komunikasi. Mata kuliah ini juga membahas tentang pengertian fotografi, sejarah singkat fotografi, anatomi dan fisiologi kamera, pencahayaan dan penyinaran, film, komposisi, depth of field; pengertian filter dan penggunaannya.

 

37. Public Speaking

Membicarakan tentang teknik-teknik penyampaian gagasan secara verbal dalam berbagai forum komunikasi. ToIK bahasan meliputi teori dan model-model  komunikasi yang berkaitan dengan retorika dan public speaking, pengenalan khalayak, tata cara dan peragaan teknik penyampaian gagasan.

 

38. Digital Culture & Society

Mata kuliah ini mengeksplorasi bagaimana teknologi dijital dan segala perkembangannya mentransformasi masyarakat. Lebih lanjut, bagaimana transformasi yang dilakukan oleh media dijital membentuk pola pikir dan berbudaya, termasuk moda produksi (pekerjaan) dan praktik konsumsi masyarakat. Mata kuliah ini juga akan berefleksi secara kritis bagaimana media sosial dan dijital ikut menentukan arah jaman dalam kaitannya dengan politik, partisipasi publik dan cara hidup (budaya) serta perubahan sosial (social change).

 

39. Strategi dan Perencanaan PR

Hubungan masyarakat dengan manajemen, pengertian perencanaan, proses perencanaan Humas, krisis manajemen, model identifikasi masalah, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, analisa problem komunikasi, dasar penulisan skenario, penyusunan program PR.

 

40. Metode Riset Kuantitatif

Mata kuliah ini membahas berbagai metoda dan teknik penelitian komunikasi yang mencakup penelitian sumber, media, pesan, khalayak, dampak dan jaringan komunikasi secara kuantitatif. Secara khusus membahas metode-metode khas penelitian dan kajian komunikasi secara kuantitatif  tentang dampak media, efektivitas media sosial dan massa, dan jaringan komunikasi media sosial berdasarkan big data.

 

41 Meode Riset Kualitatif

Mata kuliah ini membahas berbagai metoda dan teknik penelitian komunikasi yang mencakup penelitian etnografi, fenomenologi, dan peneltiian kritis. Secara khusus membahas metode-metode khas penelitian dan kajian komunikasi secara kualitatit seperti semiotik, framing, dan wacanana.

 

42. Manajemen Public Relations

Membahas aspek-aspek pengelolaan humas, mulai dari langkah-langkah perencanaan humas, program-program humas untuk jangka waktu pendek dan panjang, pengorganisasian, pengenalan khalayak, penentuan media massa, hubungan dengan pers, dan pengawasan serta evaluasi pelaksanaan humas.

 

42. Manajemen Media Massa

Membahas pengelolaan penerbitan media massa dengan penekanan pada manajemen pemasaran, baik media cetak, online, audio, maupun audio visual. ToIK bahasa meliputi konsep manajemen dan pemasaran yang diterapkan untuk perusahaan media massa.

 

43. Jurnalistik Online

Membahas tentang proses reporting, produksi dan distribusi berita melalui internet yang sering disebut berita elektronik. Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat mengenal, mengerti dan mampu mengaplikasikan berita elektronik dalam jurnalistik online.

 

44. Produksi Penyiaran Televisi

Melatih mahasiswa memproduksi acara siaran TV dari mulai perencanaan materi acara, penulisan script sampai ke produksi dan penyiaran acara.

 

45. Produksi Penyiaran Radio.

Melatih mahasiswa memproduksi acara siaran radio mulai dari perencanaan acara siaran, penulisan script sampai ke produksi dan penyiaran acara.

 

46. Produksi Film

Mahasiswa akan mempelajari tentang film sebagai media komunikasi massa dengan penekanan pada kegiatan praktikum berupa development ide cerita, pra produksi, produksi dan pasca produksi film pendek. Pada awal semester, mahasiswa akan belajar tentang tahapan penulisan skenario dan pra produksi film pendek. Pada pertengahan semester, mahasiswa harus melaksanakan proses produksi film hingga proses editing film. Di akhir semester, mahasiswa diharapkan mampu melakukan kegiatan publisitas dan pemutaran film pendek karya mereka.

 

47. Manajemen Event

Mata kuliah ini membahas tentang kegiatan Public Relations yaitu bagaimana PR mengorganisasikan sebuah event yang berkaitan dengan tujuan kerja PR. Event-event tersebut berhubungan dengan publisitas yang dilakukan oleh PR. Di antaranya penyelenggaraan seminar, lokakarya, pameran, launching produk, dan lainnya.

 

48. Magang

Teori dan sekaligus mempraktekkan di Instansi, Lembaga Perusahaan baik pemerintah maupun swasta untuk memberikan pemahaman dan pengalaman kerja serta keterampilan praktis kepada mahasiswa melalui praktek kerja di perusahaan. Diharapkan mahasiswa mampu menyamakan dan membandingkan antara pemahaman teoritis akademis dan kegiatan praktis. Pada masa akhir magang mahasiswa diwajibkan menyusun penulisan laporan dan mempertahankannya. (Persyaratan magang adalah sertifikat PP dan K MABA).

 

49. Pendidikan Bela Negara

Membahas tentang dasar pemikiran, ruang lingkup, prinsip-prinsip, tujuan dan spectrum bela negara. Memberikan pemahaman tentang nilai, norma, etika, karakter moral dan jati diri bangsa, semangat bela negara, asas pancasila, cinta tanah air, rela berkorban serta mampu mengembangkan budaya bangsa dan mengimplementasikan nilai-nilai bela negara sesuai bidang profesi masing-masing.

 

50. Desain komunikasi Visual.

Mata kuliah ini membahas konsep dasar desain komunikasi visual, elemen-elemen desain,prinsip komposisi, prinsip simiotik dalam desain, ilustrasi, tipografi, logo, logotype, layout, iklan dan poster, dan lain-lain.

 

51. Pengantar Periklanan

Matakuliah ini membahas tentang pengertian iklan, fungsi iklan dalam marketing, analisis program dalam promosi, perspektif perilaku konsumen,dan segmentasi pasar,  proses komunikasi dalamiklan, pemilihan media dan rencananya.

 

52. Hukum Media Massa.

Membahas  masalah- masalah  hukum  media, delik  pers,  Undang-Undang Pers,  Kode Etik Jurnalistik dengan segala konsekuensi dan permasalahannya.

 

53. Manajemen Periklanan.

Membahas bagaimana mengelola biro iklan/advertising agency, divisi-divisi iklan, fungsi-fungsinya, account service, creative, media, finance, dan research, periklanan sebagai alat promosi, tujuan iklan dalam pemasaran, positioning, kode etik periklanan, perbandingan iklan luar negeri, dan lain-lain.

 

54. Komunikasi Organisasi

Membahas teori-teori organisasi dan aplikasinya, pemahaman organisasi, pendekatan komunikasi organisasi, proses komunikasi organisasi, riset tentang komunikasi organisasi.

 

55. Perencanaan Media kreatif

Membahas mengenai pengertian kreatif, proses kreatif, pengembangan pesan,   pengembangan strategi kreatif, eksekusi kreatif, penulisan naskah iklan/copy writing, produksi iklan dan evaluasi pesan iklan.

 

56. Seminar Ilmu Komunikasi.

Membahas permasalah komunikasi di berkomunikasi bagai bidang kajian ilmu  komunikasi, seperti iklan, humas,jurnalistik, penyiaran, komunikasi inter  personal, organisasi dan massa, pembahasan ditekankan pada aspek teoritis, konseptual, metodologi, dan lain-lain.

 

57. Media dan Gender

Membahas relasi perempuan dan pria dalam masyarakat , gender dalam konstruksi media massa,pengaruh produk-produk budaya popular, reprensentasi perempuan,konsepsi feminisme,maskulinitas, gay, dan lesbian. Mata kuliah ini lebih menekankan analisis langsung terhadap produk-produk media seperti film, acara radio, acara televisi, berita media massa, iklan, dan lain-lain.

 

58. Kajian Sinema

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar film dalam perspektif realisme dan formalisme. Mahasiswa yang mengambil matakuliah ini akan mempelajari tentang unsur naratif dan sinematik film, film sebagai realitas sosial, film sebagai social movement, serta ideologi dan teori film. Lebih jauh, kajian sinema akan membahas film dalam kaitannya dengan ideologi. Beberapa ideologi besar yang kerap hadir dalam film-film Barat (Hollywood dan EU), Asia, Timur Tengah maupun Indonesia akan dibahas lebih lanjut antara lain film dan ideologi nasionalisme, feminisme, familialisme dan konsumerisme dan ideologi besar lainnya yang kerap dikonstruksi dalam narasi-narasi sebuah film.

.

59. Kewirausahaan

Mata kuliah ini lebih berorientasi praktis. Pata tahap awal mahasiswa mendapatkan pemahaman tentang teori-teori kewirausahaan, manajemen, melihat peluang pasar, mengembangkan potensi diri dan lingkungan, produksi, memasarkan sampai dengan evaluasi produk.

 

61. Skripsi

Mahasiswa ditugaskan membuat skripsi sebagai suatu syarat penyelesaian studi program sarjana ilmu komunikasi di bawah bimbingan seseorang staf pengajar yang ditunjuk.