Kunjungan Deutsche Welle Akademie ke Laboratorium Cyber Communications

Progdi Ilmu Komunikasi Terakreditasi "A"

Kunjungan Deutsche Welle Akademie ke Laboratorium Cyber Communications

February 12, 2019 akademik laboratorium 0

Pagi ini kita kedatangan tamu dari Deutsche Welle Akademie, Mr. Patrick Benning – Country Manager Mongolia – Media Development – Asia and Europe. Berbagai hal kita diskusikan terkait dengan Social Network Analysis yang terdapat pada Laboratorium Cyber Communications Program Studi Ilmu Komunikasi – FISIP – UPN “Veteran” Jawa Timur.

Saat ini kita hidup di Network Society yang tentunya membawa banyak konsekuensi. Masyarakat kita yang majemuk yang tidak bisa serta merta digeneralisir. Masyarakat digital dengan transformasi diberbagai sektor. Kita semua bisa melihat bagaimana komunitas digital dapat merubah berbagai sektor dalam kehidupan dimana penggerak utamanya adalah generasi milenial. Media Sosial memberi sumbangsih koleksi kisah hidup individu yang luas namun kompleks tinggal bagaimana kita mengambil manfaat dari situ.

Berbagai hal kita kaji dengan mendalam terkait literasi media, hoaks, polarisasi media serta Analisis Sosial Media yang telah kita jalani. Studi tentang pilpres, peran generasi milenial dalam pilpres, kecenderungan pasar di era digital, digital diplomacy, hoax bahkan porstitusi online. Kita banyak sharing tentang bagaimana pentingnya kecepatan dalam menganalisis didunia yang semakin cepat, pentingnya kearifan lokal dalam dunia digital.

Kita jabarkan bahwa mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN “Veteran Jawa Timur dibekali dengan Analisis Sosial Media dengan mixed methods sehingga dapat memahami banyak hal kekinian mulai dari diri mereka sendiri sebagai bagian dari generasi milenial hingga dapat memaksimalkan potensi dirinya. Generasi milenial adalah generasi yang luar biasa namun sering dilihat sebagai generasi cuek yang ditakutkan partisipasi politiknya. Mahasiswa yang telah dibekali dengan Analisis Sosial Media akhirnya mereka mampu menganalisis sendiri, tahu dengan sendirinya sehinga dengan sendirinya mereka akan menyalurkan aspirasi politik dengan pengetahuannya. Generasi milenial bukan generasi yang mudah dipaksakan aspirasi politiknya, biarkan mereka dengan keahlian mereka.

Ini menjadi penjajagan untuk riset bersama dengan Deutsche Welle Akademie.

 

Translate »